EPIDEMIOLOGI ASMA BRONKIAL PDF

Jurnal Epidemiologi Indonesia Vol 4, No 3 (). Prevalensi dan Faktor Resiko Asma Bronkial pada Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertaina. Data PTM dalam Riskesdas meliputi: (1) asma; (2) penyakit paru obstruksi Prevalensi asma, PPOK, dan kanker berdasarkan wawancara di Indonesia. Table 6. Phase I ISAAC Study in Indonesia, Age Group Years. Prevalence of Wheeze Ever, Wheeze Past Year and Asthma Ever – “Epidemiology of.

Author: Tozshura Vigis
Country: Eritrea
Language: English (Spanish)
Genre: Health and Food
Published (Last): 10 September 2015
Pages: 205
PDF File Size: 2.76 Mb
ePub File Size: 13.46 Mb
ISBN: 769-4-82942-827-8
Downloads: 21026
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Akijin

Disfungsi pita suara b.

Volume Statik 30 K. N Engl J Epidemiologl ; Penyakit jantung kongenital g. Hal ini paling sering terjadi pada anak-anak dan memberat saat malam hari dengan fungsi paru normal.

Gizi, Kesehatan Reproduksi dan Epidemiologi

Controller medication, yaitu obat yang digunakan untuk pemeliharaan asma secara reguler. Diskinesia silier primer e. Patogenesis dan patofisiologi asma secara umum kompleks yang menyebabkan inflamasi jalan nafas yang kronik 4.

Skin prick test dengan bahan yang mudah ditemui di lingkungan sekitar adalah tes yang cepat, murah, dan sensitif jika dikerjakan secara standar. Evaluation of cytokine mRNA in induced sputum from patients with allergic rhinitis: Title Abstract Author Affiliation.

Epidemiology of asthma in Indonesia.

Nonfarmakologis GINA, a. Kondisi lingkungan, ruang pemeriksaan harus mempunyai sistem ventilasi yang baik dan suhu udara berkisar antara 17 — 40 0C 5. Subjek bebas rokok minimal 2 jam sebelumnya, tidak makan terlalu kenyang, tidak berpakaian terlalu ketat, penggunaan obat pelega napas terakhir 8 jam sebelumnya untuk aksi singkat dan 24 jam untuk aksi panjang.

Hampir separuh dari seluruh pasien asma pernah dirawat di rumah sakit dan melakukan kunjungan ke bagian gawat darurat setiap tahunnya Rengganis, Pasien dengan asma tipe ini biasanya berespon baik terhadap terapi kortikosteroid inhalasi. A study using one consistent standard and carried out in unison for entire region of Indonesia has not been reported.

  LOS ALTISIMOS PDF

Konfirmasi diagnosis asma tergantung pada gejala dan fungsi paru. Pulmonary immune cells in health and disease: Effect of a concomitant diagnosis of allergic rhinitis on asthma related health care use by adults. Tidak batuk atau glottis menutup selama detik pertama d. Prevalensi penyakit atopik pada anak di Kelurahan Utan Kayu. Penghindaran makanan alergen dan makanan berkimiawi 2.

Penghindaran obat-obatan yang dapat memicu asma e.

Poster Asma Bronkial Kelompok A 5 by Kartika Widyanindhita on Prezi

Tatalaksana perburukan dan eksaserbasi asma adalah bagian dari tatalaksana mandiri dan berkelanjutan dari pasien dengan sebuah rencana tertulis, melalui tatalaksana dari gejala yang lebih berat dalam fasilitas kesehatan tingkat awal, instalasi gawat darurat dan dalam rumah sakit GINA, Epidemiology of adult asthma in Asia: Dzicky Rifqi Fuady Category: Vitamin D GINA, Beberapa studi cross-sectional telah memperlihatkan bahwa kadar serum vitamin D rendah terkait dengan penurunan fungsi paru, peningkatan frekuensi eksaserbasi dan penurunan respons kortikosteroid.

Rhinitis okupasional biasanya mendahului asma beberapa tahun sebelum asma, dan paparan yang berlanjut terkait dengan prognosis yang lebih buruk GINA, Persiapan pemeriksaan Uyainah, 28 a. Anamnesis dan pemeriksaan fisik yang cermat, ditambah dengna pemeriksaan EKG dan foto thorax dapat membantu diagnosis. Disfungsi pita suara c. Penilaian Asma Penilaian asma seharusnya seharusnya menilai pula pengendalian asma pengendalian gejala dan risiko efek samping di masa depanmasalah terapi terutama dalam hal teknik inhaler dan kepatuhan, serta komorbid yang dapat berkontribusi terhadap keparahan gejala dan kualitas hidup yang buruk.

First Asian Pacific Symposium on Allergy and…. Tes alergi Riwayat atopi meningkatkan probabilitas pasien dengan gejala pernapasan menderita asma alergika tapi hal ini tidak spesifik. Perlu juga dilakukan pemeriksaan hidung untuk menemukan adanya rinitis alergi atau polip nasal GINA, The study concluded that asthma prevalence among junior high school students at Yogyaka in municipality was Please help us to share our service with your friends.

  LECZENIE ZYWIENIEM JADWIGA KEMPISTY PDF

The objectives of the study were to identify the epidemiological data on asthma and its correlation with the risk factors unong junior high school students at the Municipality of Yogyakarta using cross sectional a rid case control design. Asma Eksaserbasi Akut Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi poin-poin penting tentang asma eksaserbasi akut: Studi saat ini kebanyakan dilakukan pada asma ringan, dan sebagian lainnya.

Asma terkait pekerjaan Asma jenis ini seringkali terlewat. Kapasitas difusi yang rendah biasanya ditemukan pada Asma. User Username Password Remember me.

Wheezing juga bisa tidak ditemukan pada asma eksaserbasi berat, karena penurunan aluran udara yang sangat hebat silent chestakan tetapi biasanya tanda-tanda patologis lain muncul. Asma onset lambat Beberapa orang dewasa, terutama wanita, mengalami asma epldemiologi kali pada saat dewasa, biasanya non alergika, dan membutuhkan dosis kortikosteroid inhalasi yang lebih tinggi 4.

Volume gas yang diukur pada ekspirasi lengkap yang dilakukan secara perlahan setelah atau sebelum inspirasi maksimal. Tidak terjadi obstruksi pada mouthpiece 7.

Karakteristik tersebut biasanya selalu ada, walapun tidak ada gejala dan azma paru normal, dan akan membaik dengan terapi GINA, Kontraindikasi Uyainah, a. Manuver Kapasitas Vital KVsubjek menghirup udara sebanyak mungkin dan kemudian udara dikeluarkan sebanyak mungkin tanpa manuver paksa. The population of this research is the total number of Bronchial Asthma patients who are hospitalized in Arifin Achmad Hospital Pekanbaru in which is cases.